Add to Collections
Rating
Review at:

Beli PS Vita Seharga 600 Ribu di 2024, Masih Worth It Kah?

Mau beli PS Vita di tahun ini? Ini alasan kenapa saya menganggap PS Vita masih layak dibeli.

Dulu saya hanya bisa melihat teman saya bermain konsol game portabel generasi kedua dari Playstation; Vita. Tapi sekarang berbeda, akhirnya saya bisa punya PS Vita saya sendiri.

Tentunya saya membeli PS Vita ini dalam keadaan bekas / second ya. Karena memang Sony sudah tidak merilis PS Vita baru lagi di tahun ini.

Playstation Vita: Konsol Portabel Sony Penerus PSP

Di konten ini, saya ingin mengulas dari segi hands-on alias pemakaiannya saja dari sudut pandang gamer yang baru pertama kali memiliki konsol Playstation Vita, ini dia ulasannya:

1. PS Vita Punya Harga Diatas 1 Juta Tapi Saya Berhasil Dapat Harga 600 ribu!

Sangat susah untuk mendapatkan konsol PS Vita dengan harga dibawah 1 juta, karena konsol ini punya harga yang stabil di pasaran. Untuk seri fat 1000 yang saya beli ini punya harga antara 1 juta - 1,6 juta. Sedangkan seri slim 2000, punya harga lebih tinggi, yaitu 1,7 - 2,5 juta.

Bagaimana saya bisa mendapatkan PS Vita dengan harga 600 ribu dan jauh lebih murah dari harga pasaran? Well, jawabannya; saya nego harga dengan penjualnya.

Namanya PS Vita bekas dan dijual dengan harga murah, saya harus menerima kondisi konsol ini sebagaimana adanya, dari segi fungsi bermain game dan semua tombol kontrol aman, hanya layar OLED-nya saja yang sudah burn-in seperti ini:

Salah satu masalah layar OLED adalah timbulnya burn seperti layar terbakar yang terlihat saat konsol tidak dinyalakan. Tapi sebenarnya hal ini tidak berpengaruh sama sekali saat bermain game, karena saat konsol dinyalakan, pola burn di layar tidak akan terlihat, ini tampilannya saat PS Vita dinyalakan:

See? Burn pada layar saat konsol dihidupkan tidak terlihat lagi. Jadi tidak mengurangi pengalaman dan kenyamanan saat bermain game di konsol ini.

2. PS Vita Punya Game Ekslusif yang Sayang untuk Dilewatkan

Salah satu alasan banyak gamers ingin sekali memiliki PS Vita adalah karena ingin memainkan game ekslusif dari konsol ini, yaitu Uncharted Golden Abyss. Video ini bisa kamu putar untuk mencari tahu kenapa game ini sangat disukai banyak gamer:

Dari video diatas, kamu bisa melihat bahwa gaya permainan di PS Vita cukup unik, gamer bisa menggunakan semua fitur kontrol yang disediakan oleh Vita untuk menggerakan Nathan Drake (Karekter utama game Uncharted) dengan leluasa dan menyenangkan.

3. PS Vita, Surganya Penikmat Game RPG

Bagi gamer yang suka dengan genre game rpg, baik itu yang dirilis untuk region jepang dan global, pustaka game yang ada di PS Vita banyak di dominasi game genre rpg, mulai dari YS, Final Fantasy, Chaos Ring, Dragon Quest, dll.

Kalau kamu pecinta game rpg, PS Vita bisa jadi konsol terbaik untukmu.

4. PS Vita Bisa Dijadikan Alat Remote Play untuk Memainkan PS3, PS4, hingga PC Game

Meskipun PS Vita sudah diberhentikan produksi dan dukungannya oleh Sony, tapi komunitasnya terus tumbuh besar di tanah air dan global. Muncul banyak pengembang yang berhasil membuat custom firmware untuk Playstation Vita yang diberinama Henkaku.

Dengan adanya sistem CFW Henkaku ini, kita bisa merubah PS Vita menjadi alat remote play (memainkan game dari konsol lain di Vita dengan bantuan streaming internet) pada game PS3, PS4, hingga PC via aplikasi Moonlight.

Kesan Saya Terhadap Konsol Playstation Vita Setelah 1 Minggu Pemakaian

Well, selain untuk memenuhi keinginan kecil saya, konsol PS Vita ini layak untuk dikoleksi dan dimainkan game-nya, meski game ekslusifnya tidak sebanyak konsol Sony lainnya, nyata-nya, game di Vita cukup menyenangkan untuk dimainkan.

Hal menarik yang saya rasakan saat bermain game di konsol Vita ini adalah saya mendapatkan pengalaman baru bermain game dengan kombinasi kontrol touchscreen layar depan dan touchscreen layar belakang untuk tombol R2, L2, R3, & L3. Ini tidak pernah saya raasakan dikonsol manapun dan menjadikan pengalaman bermain game di Vita cukup unik.

Baterainya cepat terisi penuh tapi tidak boros sekalipun bermain game sekelas AAA (Triple A). Dan di konsol ini ada beberapa game yang saya incar untuk dimainkan yang sebelumnya belum kesampaian dari dulu; Uncharted, Digimon Cyber Sleuth Hacker Memory, Resident Evil Revelations 2, Summon Night 6, dan masih banyak lagi.

Overall, saya cukup puas dengan konsol PS Vita ini. Kalau kamu, tertarik beli PS Vita atau nggak?