Add to Collections
Rating
Review at:

GPU Crash: Alasan Kenapa PS Vita Dibenci Sebagian Gamer!

Sekali PS Vita terkena GPU Crash, kamu akan pusing dibuatnya!

Ekspektasi gamer: nabung sekian juta, beli PS Vita, main game ekslusifnya, baru main sebentar, muncul notifikasi gpu crash, kemudian gamer akan langsung frustasi dan menyesal membeli konsol Playstation Vita.

Mengenal Apa Itu GPU Crash

Bagi gamer atau non-gamer yang belum tahu apa itu gpu crash, izinkan saya menjelaskannya semudah mungkin, well, gpu crash bisa diartikan sebagai kondisi dimana game yang dimainkan keluar dengan sendirinya, muncul notifikasi layar hitam dengan teks pemberitahun crash seperti ini:

Begitu notifikasi gpu crash muncul di layar PS Vita, mesin konsol game milikmu akan mati seketika. Meski bisa dihidupkan kembali, kondisi ini akan terus berulang tanpa henti, itu sebabnya sebagian gamer kecewa bahkan ada yang membenci konsol ini.

Apakah Semua Konsol PS Vita Pasti Terkena Masalah GPU Crash?

Jawabannya; tidak. GPU crash hanya sering terjadi pada konsol vita keluaran awal, yaitu Vita Fat seri 1000. Sedangkan PS Vita Slim seri 2000 jarang sekali terkena GPU Crash. Tidak heran harga PS Vita slim dijual dengan harga mahal bahkan bisa diatas 2 juta karena jarang terkena masalah gpu crash yang merugikan gamer.

Apakah Masalah GPU Crash Pada PS Vita Fat 1000 Bisa Disembuhkan?

Bisa ya dan tidak. Kenapa demikian? Well, mudah saja penjelasannya; mesin PS Vita Fat seri 1000 sudah berumur, bisa saja unit yang kamu dapatkan punya cacat pabrik saat perilisannya sehingga rentan terkena gpu crash, atau bahkan di era komunitas hacking vita yang makin maju sekarang, banyak ps vita fat yang terkena gpu crash setelah melakukan jailbreaking firmware ke versi Henkaku meski tidak semuanya mengalami masalah ini.

Di internet ada banyak solusi mengatasi gpu crash, mulai dari install ulang firmware henkaku, merubah sistem firmware ke original, rebuild database, ganti memori, hapus plugin berlebihan, hingga ganti motherboard ps vita.

Saat menerapkan solusi tersebut, ada yang berhasil, ada juga yang tidak. Konsol PS Vita Fat saya sendiri mengalami gpu crash sebanyak 3x, solusi yang saya terapkan adalah rebuild database, setelah itu masalah gpu crash teratasi. Tiap unit konsol bisa saja berbeda, ada yang berhasil dan gagal.

Apakah Kamu Bisa Memilih Konsol PS Vita yang Bebas dari GPU Crash?

Bisa. Kamu sangat disarankan untuk membeli ps vita slim seri 2000 karena jarang atau bahkan lebih tahan tidak terkena gpu crash.

Kesimpulan

Sebagai konsol yang telah ditinggakalkan Sony, PS Vita punya masalah akut di bagian perangkat GPU-nya yang menyebabkan game keluar sendiri dan mesin mati. Tapi solusinya pun sudah disediakan oleh komunitas PS Vita dan mampu menyelesaikan masalah ini. Dan jika ingin lebih aman, bisa pilih Vita Slim yang lebih tahan dan jarang terkena GPU Crash.