Add to Collections
Rating
Review at:

Konsol PS Vita Fat Saya Kena GPU Crash ๐Ÿ˜ญ

Saat awal membeli PS Vita Fat, saya bisa memainkan banyak game tanpa kendala. Main game berat sekelas Uncharted golden abyss, god of war, dll lancar.

Hingga suatu ketika saya memainkan game world of final fantasy, muncul notifikasi gpu crash seperti gambar diatas.

Apakah PS Vita Fat GPU Crash Masih Bisa Bermain Game?

Well, untuk kasus PS Vita Fat saya tergolong ringan crash-nya, jadi ketika mengalami crash, saya hanya tinggal restart ulang konsolnya dan main game lagi sampai game-nya tamat.

Apakah GPU Crash-nya Muncul Berkali-kali?

Iya, crash terjadi berkali-kali. Ibaratnya, jika GPU / hardware grafisnya sudah berumur seperti ini bisa mengalami crash dengan kurun waktu terus menerus dan tidak bisa diprediksi kapan crash-nya.

Apakah Ada Cara Memperbaiki PS Vita yang Kena GPU Crash?

Well, jawabannya 50:50, bisa dan tidak. Kalau GPU Crash-nya ringan, bisa saja sembuh. Tapi kalau yang sudah parah, pasti akan terulang terus crash-nya seperti konsol Vita punya saya ini.

Solusi yang saya lakukan adalah rebuild database. Cara ini cukup ampuh untuk membuat frekuensi crash berkurang saat bermain game. Tapi bukan berarti crash-nya hilang sepenuhnya ya, masih ada crash.

Hari ini, saya mengalami error lainnya, setelah gpu crash, konsol vita saya meminta system firmware update, yasudah saya update, tahu apa yang terjadi? Firmware CFW henkaku yang sudah terinstall hilang! Firmwarenya sekarang jadi ofw atau original.

Ya, tidak masalah sih, saya jadi ada bahan uji coba apakah gpu crash bisa terjadi lagi jika menggunakan firmware original dari Sony, tunggu lanjutan post eksperimen di masa mendatang ya.

Sekian update-nya, saya harap PS Vita saya bisa sembuh total dari masalah GPU Crash. Kalau gagal, paling saya beli lagi di marketplace.