Add to Collections
Rating
Review at:

Wajib Tahu! Ini Bedanya PS Vita Fat dan Slim

Gamer yang ingin beli PS Vita wajib tahu bedanya seri fat dan slim agar tidak menyesal salah pilih seri dan aneka masalah yang menyertainya.

Sony Playstation, meski mereka terkenal dengan branding konsol rumahannya, tapi perusahaan game ini pernah merilis dua konsol portabel, PSP dan PS Vita. Khusus untuk konten ini, kita akan fokus membahas konsol PS Vita.

Banyak gamer yang dulunya belum pernah punya PS Vita kebingungan harus pilih PS Vita Fat seri 1000 atau PS Vita Slim seri 2000. Biar kamu nggak bingung, kamu harus tahu beda kedua tipe tersebut melalui konten ini.

Gamer Harus Tahu, Ini Bedanya PS Vita Fat dan Slim

Perbedaan kedua tipe konsol ini tidak jauh-jauh dari spesifikasi hardware-nya; layar, kontroller, body, bobot, dll. Untuk detailnya, kamu bisa cari tahu lewat ulasan berikut ini:

1. Harga dan Kondisi Mesin PS Vita

Baik itu PS Vita Fat dan Slim, keduanya punya kondisi yang sama; bekas pemakaian / second. Bedanya, PS Vita slim yang rilis di 2014 umurnya masih lebih muda dibanding seri Fat yang rilis di tahun 2011.

Dari segi harga, mungkin lebih murah PS Vita Fat; 1 - 1,3 juta. Sedangkan PS Vita slim lebih mahal: 1,5-3 juta (Tergantung seller, kondisi mesin, dll).

2. Bobot PS Vita

PS Vita slim punya bobot 219 gram (7,7 oz) yang lebih ringan dan ramping dibanding seri Fat 260 gram (9,2 oz) (Wi-Fi).

3. Layar PS Vita

Dari segi layar, PS Vita Fat lebih unggul karena menggunakan layar OLED. Sedangkan versi slim menggunakan layar LCD.

4. Kontroller

Untuk segi kontroler, keduanya sama-sama memiliki dpad dan dua analog. Seri fat 1000 jarang mengalami masalah, sedangkan seri slim 2000 kadang analognya bisa drift atau error.

5. Ketahanan Baterai

Dari segi ketahanan, PS Vita slim lebih unggul karena bisa bertahan hingga 6 jam, sedangkan PS Vita fat baterainya lebih cepat habis: 3-5 jam durasnya. Slim lebih unggul 1 jam dibanding seri fat.

6. Memori PS Vita

Vita slim 2000 memiliki flash memori 1GB bawaan, sedangkan seri fat tidak ada. Sedangkan untuk memori RAM sama: 512 mb.

7. Ketahanan Hardware dan Software

Well, bisa dibilang PS Vita slim lebih unggul. PS Vita fat rawan terkena masalah GPU Crash yang membuat seri ini kurang diminati gamer, kecuali kamu memang ingin punya seri Fat atau ingin mengoleksinya, silahkan saja.

Kesimpulan

Kedua seri PS Vita ini sama-sama menjalankan game yang sama, namun punya spesifikasi hardware berbeda dan isu masalah masing-masing. Seri slim rawan analog drift, sedangkan seri fat rawan error GPU Crash. Tapi kalau harus merekomendasikan, lebih baik kamu beli versi PS Vita slim saja karena jarang terkena masalah.