Add to Collections
Rating
Review at:

3 Alasan Kenapa Game Xbox 360 Lebih Mahal Dibanding PS3

Kebanyakan gamer mungkin hanya kenal PS3, PS4, dan PS5. Padahal, di generasi PS3, ada konsol game yang jadi pesaing kuatnya loh, namanya Xbox 360. Konsol ini dibuat oleh Microsoft.

Tentu saya memiliki kedua konsolnya, baik itu PS3 maupun Xbox 360 ya, namun ada satu hal janggal yang saya dapati, yaitu harga kaset game fisik milik Xbox 360, lebih mahal dibanding konsol PS3.

Kenapa demikian? Well, di konten ini, kamu akan menemukan jawabannya!

Ini 3 Alasan Kenapa Harga Kaset Game Fisik Xbox 360 Lebih Mahal Dibanding PS3

Dengan adanya konten ini, saya harap, ketika kamu berniat membeli atau baru memiliki konsol Xbox 360, kamu tidak kaget dengan harga game-nya, alasan ini yang jadi penyebab game fisik Xbox 360 lebih mahal:

1. Tidak Ada Perwakilan Kantor Resmi Xbox dari Microsoft di Indonesia

Well, kalau playstation punya cabang kantor di Indonesia, hal ini berbeda dengan Xbox, microsoft tidak membuat kantor resmi untuk konsol miliknya. Oleh karena itu, game-nya punya harga yang mahal.

2. Semua Game Xbox 360 Disediakan oleh Distributor Pihak Ke-3

Banyak penjual atau seller yang mengimpor banyak game Xbox 360 dari luar negeri, jadi kemungkinan akan ada selisih margin profit untuk penjual sendiri, ini wajar, karena untuk mendatangkan kaset game-nya, penjual pasti kena "Pajak dari Bea Cukai - you know it well tho, right?".

3. Semua Kaset Game Xbox 360 Statusnya "Langka" & Bisa Terus Naik Harganya

Ini adalah kombinasi gabungan ketiadaan kantor resmi Xbox di Indonesia dan terbatasnya jumlah game yang dibawa distributor pihak ke-3 masuk ke Indonesia, jadi, tidak heran game Xbox 360 harganya bisa sangat mahal. Sebagai contoh, saya penggemar game IP Tomb Raider, ketika saya mencari game Rise of Tomb Raider, harganya semahal ini:

Per bulan september 2024 ini, game Rise of Tomb Raider ini dinaikkan lagi, dari Rp. 750.000 menjadi Rp. 1.000.000!. Karena judul game ini memang langka:

Apakah kamu rela mengeluarkan uang 1 juta untuk 1 keping kaset game Xbox 360 sekalipun kamu suka sekali game ini? Well, pasti kamu bakal pikir-pikir kembali.

Untuk game lainnya pun sama, statusnya langka, jadi banyak seller yang "menggoreng" harga game-nya. Untuk judul game ekslusif atau populer bisa sangat mahal.

Nah itu dia 3 alsan kenapa kaset game Xbox 360 lebih mahal dibanding PS3 yang harganya dibawah 200 ribu.