Add to Collections
Rating
Review at:

Seluruh Staff Publisher Game Annapurna Interactive Resign!

Industri game tengah dihebohkan oleh salah satu berita Bloomberg yang memberitakan bahwa seluruh staff publisher game Annapurna Interactives mengundurkan diri secara masif.

Kenapa keputusan mendadak ini bisa terjadi pada publisher & dev game Annapurna Interactives? Alasan dari pengunduran diri ini adalah karena gagalnya negosiasi Nathan Gary (pimpinan Annapurna Interactives) dengan Annapurna Studios untuk membuat Annapurna Interactive berdiri sebagai entitas terpisah dan mandiri.

Alhasil banyak developer game yang tengah bekerja sama dengan Annapurna Interactives menjadi panik!

Mereka kebingungan bagaimana nasib game mereka yang akan diterbitkan di Annapurna Interactives ditengah masalah manajemen internal Annapurna yang begitu mendadak!

Boss Annapurna sendiri langsung memanggil co-founder Annapurna Interactive sebelumnya; Hector Sanchez, dan akan mengisi kekosongan semua staff-nya yang resign dengan pekerja baru, sekaligus memberikan penegasan kalau semua developer yang tengah bekerjasama, game-nya akan tetap diterbitkan oleh perusahaan induk Annapurna.

Tentu berita industri game ini sangat menghebohkan banyak pihak, tidak hanya para publisher, dev, tapi gamer juga, pasalnya banyak game indie kualitas terbaik seperti Stray, Solar ash, outer wild, neon whites, dan game lainnya yang cukup berhasil menjadi game favorit para gamer hingga saat ini berasal dari Annapurna Interactives di masa kepemimpinannya Nathan Gary.

Semua karya game dari mantan pimpinan Annapuran Interactive dan 25 staff-nya yang resign serentak, secara tidak langsung telah memberikan peran dan pengaruh besar terhadap perusahaan induknya, dalam mendapatkan banyak proyek besar di Industri game, dan bahkan kabar terbarunya Annapurna berhasil bekerjasama dengan dev game tenar, yaitu Remedy, untuk menayangkan ip game Control 2 dan Alan Wake ke layar lebar.

Pimpinan Annapurna saat ini mungkin bisa mencoba mengisi kekosongan staff dan memulai kembali divisi game-nya, tapi tentu saja, akan ada banyak sentuhan yang hilang dari staff dev sebelumnya.

Hingga artikel ini ditulis, belum ada kabar terbaru apa alasan utama Gary, pimpinan Annapurna Interactives dan tim divisi game-nya memutuskan resign kurang dari 24 jam dan kemana mereka akan berlabuh selanjutnya.

Bagaimana menurutmu? Apakah ex-tim divisi game Annapurna interactives akan membangun studio game development dan publishingnya sendiri agar sesuai dengan visi mereka di industri game? Tulis pendapat kamu soal ini di kolom komentar ya.