Add to Collections
Rating
Review at:

Nintendo Menutup Emulator Switch Ryujinx!

Hampir semua orang yang aktif di Industri game, pasti tahu kalau tim legal Nintendo sangat gencar melindungi ip game first party mereka.

Jadi, tidak heran jika beberapa bulan lalu, tim legal mereka menargetkan dev emulator yuzu dan Nintendo memenangkan tuntutannya di meja hijau.

Dan kini, Nintendo melakukan hal yang serupa pada developer lain yang mengembangkan emulator switch bernama Ryujinx.

Apakah Dev Emulator Switch Ryujinx juga akan dituntut dan didenda 2,4 milyar rupiah seperti dev emulator yuzu?

Well, jawabannya tidak. Lead Dev emulator switch Ryujinx, gdkchan, memilih menuruti kesepakatan Nintendo untuk menghentikan pengembangan emulator dan menutup layanan mereka selamanya. Hal ini sesuai informasi insider resmi dari tim pengembang Ryujix berikut ini;

Meski begitu, kedua belah pihak tidak merilis informasi kesepakatan yang membuat emulator ini harus tutup permanen. Yang jelas, organisasi ryujinx, semua aset emulator, halaman github, dan halaman pengunduhan file emulatornya sudah resmi ditutup.

Dari berita ini kita bisa mengetahui bahwa Nintendo sebagai pemegang ip resmi semua konsol dan game 1st party-nya memang memiliki hak dan kuasa untuk melindungi aset berharga milik perusahaan mereka.

Meski banyak kalangan yang menyayangkan aksi penutupan emulator konsol Nintendo, perusahaan game satu ini tetap pada pendiriannya untuk melindungi produk hak cipta mereka. Bagaimana menurutmu? Apakah ekosistem emulator konsol Nintendo akan berhenti setelah kemenangan Nintendo di meja hijau secara berturut-turut? Bagikan pendapatmu di kolom komentar.